Strategi Pemasaran "Genteng Super Berkah Sokka Masinal" dalam Meningkatkan Penjualan dan Pencapaian Keunggulan Kompetitif
Marketing Strategy of "Sokka Masinal Super Blessing Roof Tiles" in Increasing Sales and Achieving Competitive Advantage
Abstract
Jumlah industri genteng yang banyak di Kebumen membuat persaingan semakin ketat. Salah pelaku pada industri ini adalah Genteng Super Berkah Sokka Masinal yang mengalami fluktuasi penjualan di setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi posisi dan daya saing perusahaan guna merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis SWOT dan Keunggulan Kompetitif Porter menjadi alat analisis utama dalam penelitian ini. Penelitian mendapatkan temuan bahwa perusahaan berada pada kwadran III dan menghadapi persaingan yang ketat. Strategi Weakness–Oppotunities (WO) merupakan pilihan strategi yang tepat sehingga perusahaan diharapkan memaksimalkan penerapan teknologi sebagai media pemasaran, bekerjasama dengan distributor, meningkatkan kompetensi pemasaran melalui pelatihan dari dinas terkait dan beraliansi strategis dengan sesame industri genteng.
The large number of roof tile industries in Kebumen makes competition even tighter. One of the players in this industry is Sokka Masinal's Super Berkah Roof Tiles, which experiences sales fluctuations every year. This research aims to analyze the company's position and competitiveness in order to formulate appropriate strategies to increase sales and achieve competitive advantage. This research uses a qualitative approach where data is collected through observation and interviews. SWOT analysis and Porter's Competitive Advantage are the main analytical tools in this research. The research found that the company was in quadrant III and faced intense competition. The Weakness–Oppotunities (WO) strategy is the right strategy choice so that companies are expected to maximize the application of technology as a marketing medium, collaborate with distributors, increase marketing competence through training from related agencies and make strategic alliances with fellow roof tile industries.
References
Azrani Hutomo Atman, A. M. (2021). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kain Tenun Lejo Sebauk Pada Masa Pandemi COVID-19. (JMK) Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(Vol 6 No 1 (2021): Januari), 11–25.
Deliabilda, S. A., Guntur, M., Lasut, R., & Putra, H. (2021). Formulasi Strategi Bersaing Prodi Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa Menggunakan Analisis SWOT & Matriks BCG. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(2), 163–174.
Hintoro, S., & Fritz Wijaya, A. (2021). Analisis Strategi Bersaing Pada Biznet Branch Salatiga Menggunakan Porter’S Five Forces. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(6),
Julita, & Sari, E. N. (2015). Strategi Generik Porter Bagi Umkm Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) (Studi Kasus: Pada Umkm Di Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 11–25
Paskalino Jimmy Foris, & Ronny H. Mustamu. (2015). Analisis strategi bersaing pada perusahaan plastik dengan Porter five forces. Agora, 3(1), 736–741.
Pratamahanu, A.N., Rasipan, R., Mulyanto, H., & Andriyani, M. (2015). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Bersaing Pada Pt. Chaya Interfreight Cargo Cabang Jakarta. Jurnal Manajemen Kewirausahaan 18 (1), 21-28
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88.
Umar, M. A. (2029). Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Perusahaan Comforta Palu. Jurnal Ekonomi Trend, 7(1), 27–40.
Wahdiniwaty, R., Sya’roni, D. A. W., & Setiawan, E. B. (2019). Model Potensi Industri Kreatif Skala Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 54–60.
Winarso K, & Al-Farisyi I. (2015). Pengukuran Kinerja Marketing Mix Dan Perumusan Srategipengukurankinerja Marketing Mixdan Perumusansrategi Pemasaran Ukm Batik Pamekasan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 8(2), 128–142.
Wulandari, A. & Mulyanto, H. (2013). Manajemen Strategi: Misi, Analisis, Formulasi, Implementasi, Audit. Semarang: CV Agung.
Copyright (c) 2024 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.