Layanan Garansi Cash on Delivery (COD) Cek Dulu dan Biaya Gratis Ongkir Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee
Determination of Cash on Delivery Guarantee Check First and Free Shipping Fee for Shopee Consumer Satisfaction
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Layanan garansi Cash on Delivery (COD) cek dulu dan biaya gratis ongkir terhadap kepuasan konsumen. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh keduanya maka dilakukan sebuah penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa google from, dengan sampling yang digunakan adalah Lemeshow. Adapun sampelnya merupakan masyarakat Kabupaten Bogor pengguna Shopee yang berjumlah 100 orang. Data dalam penelitian ini diperoses menggunakan aplikasi statistik SPSS statistics versi 20. Penelitian ini menghasilkan dua temuan utama yaitu: (1) layanan garansi Cash on Delivery (COD) cek dulu berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen; dan (2) biaya gratis ongkir berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen.
This research aims to determine the effect of check-first Cash on Delivery (COD) guarantee services and free postage on consumer satisfaction. To find out how the two influence each other, a study was carried out. This research uses quantitative methods, data collection uses a questionnaire in the form of Google from, with the sampling used is Lemeshow. The sample is the people of Bogor Regency who use Shopee, totaling 100 people. The data in this research was processed using the SPSS version 20 statistical application. This research produced two main findings, namely: (1) the check-first Cash on Delivery (COD) guarantee service has a partial effect on consumer satisfaction; and (2) free shipping costs have a partial effect on consumer satisfaction
References
Basuki, & Sorowutun, M. S. (2024, April). Kepuasan Pelanggan berdasarkan Biaya Pengiriman, Promosi, Ketepatan Waktu dan Kualitas Layanan. Journal Management, Business, and Accounting, 23(1), 105-121. doi:https://doi.org/10.33557/mbia.v23i1.2919
Brilian, C. S., & Haris, M. (2023, Juli). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(3), 713-722. doi:http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7171
Febria, M. F., Setiawan, F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JDPK), 4(6), 12703-12711. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10605
Indra Putra, T. J., & Asj'ari, F. (2023, November). Pengaruh Free Shipping, Flash Sale dan Cashback terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi Shopee di Surabaya pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 31-37. doi:https://doi.org/10.36456/jms.v1i1.8266
Kapriani, K., & Ibrahim, I. (2022). Analisis Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Grab Food pada Masa Pandemi. SEIKO Journal of Management & Business, 5(2), 395-403. doi:https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2050
Karnadi, & Monica, C. N. (2022, Juni). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Membeli Sepedah Motor Honda Pada Astra Motor Padang Jati. JURNAL ILMIAH KLASSEN (JIK) : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Perencanaan Pembangunan, 2(1), 65-77.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2019). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: Cv Agung.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin. (2020, Desember). Pengaruh kualitas Layanan dan KuaLitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Tata Kelola, 7(2), 202-212. doi:https://doi.org/10.52103/jtk.v11i2.174
Ollie. (2008). Membuat Toko Online dengan Multiply. Jakarta: Media Kita.
Rahim Safavi, V. D., & Hawignyo, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142-150.
Ritonga, R. A., & Risal, T. (2023, Maret). Pengaruh Free Ongkir Kirim dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop (Studi pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(1), 73-91. doi:https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.643
Sari, S., & Christina, E. (2023, Desember). Faktor-faktoryang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(4), 1258-1261
Sari, D. K., & Mulyanto, H. (2023). Peningkatan Kepuasan Fungsional dan Kepercayaan Kebajikan dengan Memberikan Layanan Berkualitas dalam Rangka Menjaga Loyalitas Pelanggan. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(02), 101 - 116. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i02.887.
Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018, April). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12(1), 15-25. doi:https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465
Sholihin, I., Harmain, H., & Syahbudi, M. (2023, Maret). Analisis Pengaruh Pelayanan Mekanik, Lokasi, Perusahaan, dan Garansi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Astra Honda Authorized Service Station Kecamatan Galang. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 87-105. doi:https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.541
Sunyonto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran, Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi.
Utomo, W. T., & Fitroh Sukono Putra, F. I. (2024, Januari). Pengaruh Tarif Pengiriman, Kualitas Pelayanan, dan Ketepatan Waktu terhadap Kepuasan Pengguna Jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Semarang. JIEMBI: Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1), 41-52. doi:https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i1.1408
William, W., & Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mazda di Kota Batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 1987-1996. doi:https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28051
Copyright (c) 2024 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.