Fenomena Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik KPOP pada Penggemar Seventeen

The Phenomenon of Consumptive Behavior on KPOP Physical Album Purchase Decisions of Seventeen Fans

  • Miranda Fisa Universitas IPWIJA
  • Rasipan Rasipan Universitas IPWIJA
Keywords: Motivasi, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumtif

Abstract

Perilaku konsumtif yaitu sikap yang tidak lagi berdasarkan analisa logis, cenderung lebih materialistis dengan kemewahan yang berlebihan dan keinginan akan mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Motif dan minat yang tinggi semakin meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku konsumtif, motivasi dan minat terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penggemar dari Seventeen berjumlah 40 orang sebagai responden penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier ganda dengan derajat kepercayaan sampai 95%. Hasil penelitian menunjukkan bawah variable perilaku konsumtif berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variable motivasi dan minat justru negative dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

Consumer behavior is an attitude that is no longer based on logical analysis, tends to be more materialistic with excessive luxury and the desire to influence consumers in making purchasing decisions. High motives and interests further increase purchasing decisions. This research aims to analyze consumer behavior, motivation and interest in purchasing decisions. This research used 40 Seventeen fans as research respondents. Data were analyzed using multiple linear regression analysis with a confidence level of up to 95%. The research results show that consumer behavior variables influence purchasing decisions. Motivation and interest variables actually negatively influence purchasing decisions.

References

Aini, E., & Andjarwati, A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.

Arintowati, D., & Maretha, A. D. (2022). Kualitas Produk dan Harga dalam Mempengaruhi Minat Beli Konsumen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Mutiara Madani, 90 - 105.

Attan, M., & Natsir, K. (2023). STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONSUMPTIVE BEHAVIOR PADA KOLEKTOR MERCHANDISE K-POP. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis.

Fatimah, T. (2024). Perilaku Konsumtif pada Penggemar K-Boygroup Seventeen (Carat) di Surabaya. Jurnal Syntax Admiration.

Hanif, M., & Astuti, S. (2018). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, SIKAP KONSUMAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Calon Konsumen Mobil Datsun di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT.

Hutri, E., & Yuliviona, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Studi kasus: pada pengguna sepeda motor di kota Padang).

Kartikasari, H., & Sudrajat, A. (2022). Makna Pembelian Album Fisik Bagi Penggemar Budaya POP Korea. Jurnal Analisa Sosiologi.

Kaunang, M., Sepang, J., & Rotinsulu, J. (2015). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KONSUMEN, PERSEPSI, KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DI KOTA MANADO. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Montjai, O., Tewal, B., & Lengkong, V. (2014). MOTIVASI, SIKAP DAN MINAT BELI KONSMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PT. HASJRAT ABADI SENTRAL YAMAHA MANADO. Jurnal EMBA.

Mujahidah, A. (2020). ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA SATU PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 8 MAKASSAR). Universitas Negeri Makassar.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2019). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: Cv Agung.

Novianti, & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Victoria Tiban. eCo-Buss.

Putri, S. B., & Mulyanto, H. (2023). Popularitas Ambassador Merek, Iklan Digital dan Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(01), 49-62. doi:https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i01.395

Rahayu, S. (2024). ANALISIS GAYA HIDUP HEDONISME DAN LOYALITAS PENGGEMAR K-POP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP (Studi Kasus pada Komunitas Army Purwokerto). 2024: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI.

Rohman, A. A., & Widjaja, S. U. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif dan Perilaku Menabung Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Jurusan Ekonoi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 107-117. doi:https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0107

Rosandi, F. H., & Nurlatifah, N. (2022). PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG DISKON PADA MAHASISWA UTS DI MINIMARKET SUMBAWA BESAR. Jurnal Tambora.

Tyas, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Fashion Blouse (Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Tahun Angkatan 2018). IAIN Kediri.

Published
2024-11-15
How to Cite
Fisa, M., & Rasipan, R. (2024). Fenomena Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik KPOP pada Penggemar Seventeen: The Phenomenon of Consumptive Behavior on KPOP Physical Album Purchase Decisions of Seventeen Fans. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 4(2), 125 - 134. https://doi.org/10.37366/master.v4i2.1677
Abstract viewed = 41 times
PDF (Indonesia) downloaded = 23 times