Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia

The Influence of Content Marketing and Brand Image on Purchasing Decisions Mediated by Buying Interest in Tokopedia Application Users

  • Ustadriatul Mukarromah Prodi MM Universitas Pelita Bangsa
  • Mirtan Sasmita Prodi MM Universitas Pelita Bangsa
  • Lilis Rosmiati Prodi MM Universitas Pelita Bangsa
Keywords: konten marketing, citra merek, minat beli, keputusan pembelian

Abstract

Era digital saat ini berkembang pesat. Meningkatnya transaksi digital juga membuat konsumen bergeser ke pembelian online dalam hal ini e-commerce. Adanya konten marketing yang menarik membuat ketertarikan konsumen untuk membeli dan juga merek yang terkenal membuat konsumen tanpa ragu untuk membeli. Peneilitian ini menguji variabel konten marketing, citra merek dan keputusan pembelian serta dimediasi minat beli. Data bersumber dari 100 responden dikumpulkan menggunakan kuesioner google form. Analisis data menggunakan SEM aplikasi smartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah konten marketing memiliki pengaruh terhadap minat dan minat beli memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan citra merek tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Minat beli tidak memediasi pengaruh konten marketing terhadap keputusan pembelian.

The digital era is currently developing rapidly. The increase in digital transactions also makes consumers shift to online purchases in this case e-commerce. The existence of attractive marketing content makes consumers interested in buying and also well-known brands make consumers without hesitation to buy. This research examines the variables of marketing content, brand image and purchasing decisions as well as mediated buying interest. Data sourced from 100 respondents were collected using a google form questionnaire. Data analysis using smartPLS 3.0 application SEM. The result of this study is that content marketing has an influence on interests and buying interest has an influence on purchasing decisions while brand image does not affect purchasing decisions. Buying interest does not mediate the influence of content marketing on purchasing decisions

References

Amalia, C.D., & Lubis, E.E., (2020). Pengaruh Konten Marketing Di Instagram Stories @Rycheefactory Terhadap Minat Beli Kosnumen. Jom: Fisip, Riau: 1-11.

Asi, K.J.M, & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak. E-Proceeding Of Management, Bandung: 1-11.

Bps. (2022). Statistik Ecommerce Di Indonesia Tahun 2021. Bps.Go.Id, 1 - 142.

Givent, et. al. (2022). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli. Jurnal Emba, Manado: 383-392.

Husaen, et. al. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Jember: 1-20.

Irawan, et. al. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan Dan Strategi Pemasaran Online Melalui Program Kemitraan Masyarakat Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Masyarakat Mandiri, Pontianak: 655-661.

Isra, et. al. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, Jakarta: 32- 40.

Janah, N.R., & Suswardji, E., (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah. Costing: Journal Of Economic, Business And Accounting, 4(2), 690-697. 10.31539/costing.v4i2.1729

Kotler, et. al. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mulia, N.Y., & Utamaningsih, A. (2021). Pengaruh Minat Beli,Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Ds Cafe Aceh. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 137-140.

Mulyanto H., & Wulandari, A., (2010). Penelitian: Metode & Analisis, Semarang, CV Agung

Ngadimen, A.N., & Widyastuti, E. (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business.

Rachmawati, S.D., & Andjarwati, A.L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, Surabaya: 25-30. 10.19184/ejeba.v7i1.14849

Rafikasari, & Azizah. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen @Souvenirmurah_Ta Di Masa Pandemi. Juremi: Jurnal Riset Ekonom, Tulungagung: 135-146.

Rahmat, & Naufal. (2021). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemik Covid-19 (Studi Kasus Pada Sarawa.Co). E-Proceeding Of Applied Science, Bandung: 1-9.

Rufaida, at. al. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Real Property Melalui Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening Di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen, Yogyakarta: 1-34.

Sangen, & Abdurrahman. (2019). Pengaruh Konten Marketing, Sales Promotion, Personal Selling Dan Advertising Terhadap Minat Beli Pada Hotel Biuti Di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, Banjarmasin: 42-27.

Siti, & Adindo. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis (Jikb), Surabaya: 29-36.

Sriyanto, A., & Kuncoro A.W., (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1): 21-34. http://dx.doi.org/10.36080/jem.v8i1.858

Suhaemi, M. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli. Journal Missy, Serang: 31-37.

Usman, & Istiqomah. (2021). Pengaruh Online Customer Review , Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Jaem, Semarang: 76-88.

Victor, et. al. (2019). Implementasi Strategi Konten Marketing Dalam Kegiatan Pemasaran. Universitas Semarang, Semarang: 1-30.

Published
2022-07-31
How to Cite
Ustadriatul Mukarromah, Mirtan Sasmita, & Lilis Rosmiati. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia: The Influence of Content Marketing and Brand Image on Purchasing Decisions Mediated by Buying Interest in Tokopedia Application Users. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73 - 84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Abstract viewed = 7664 times
PDF (Indonesia) downloaded = 7536 times