Analisis Pengaruh Search Engine Optimization dan Iklan Berbasis Internet Terhadap Keputusan Pembelian Online
Analysis of the Influence of Search Engine Optimization and Internet Based Advertising on Online Purchasing Decisions
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara langsung variabel eksogen SEO (Seach Engine Optimization) dan variabel eksogen iklan berbasis internet (X_2) terhadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online. Jenis penelitian explanatory research melalui pendekatan model kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner atau angket. Dalam pengumpulan datanya penelitian ini menggukan teknik convenience sampling dengan sampel sebanyak 384 orang dari jumlah populasi warga kota Batam yang berjumlah 1.196.396 orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan structural equation model (SEM) dengan software Amos version 24. Hasil dari penelitian ini variabel variabel eksogen Search Engine Optimization berpengaruh secara positif signifikan tehadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online, dan eksogen Iklan Berbasis Internet berpengaruh secara positif dan signifikan tehadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online. Besarnya pengaruh secara langsung variabel eksogen Search Engine Optimization dan variabel eksogen Iklan Berbasis Internet terhadap variabel endogen Keputusan Pembelian Online adalah sebesar 75,3%.
This study aims to analyze the direct effect of SEO (Seach Engine Optimization) exogenous variables and internet-based advertising exogenous variables on endogenous variable Online Purchase Decision. The type of research explanatory research through a quantitative model approach with research instruments in the form of questionnaires or questionnaires. In collecting the data, this research used the convenience sampling technique with a sample of 384 people from a total population of 1,196,396 Batam residents. The analysis in this study uses a structural equation model (SEM) with Amos software version 24. The results of this study are exogenous variables Search Engine Optimization positively have a significant effect on endogenous variables Online Purchase Decision, and exogen Internet Based Advertising influence positively and significantly on the endogen variable Online Purchasing Decision. The magnitude of the direct influence of exogenous Search Engine Optimization and exogenous variable Internet-Based Advertising on the endogenous Varable Online Purchase Decision is 75.3 %.
References
Abdjul, F., Massie, J. D. D., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian mahasiswa FEB UNSRAT di E-Commerce Sociolla. Jurnal EMBA, 10(3), 225-236.
Andarningtyas, N. (2022). Pengguna Internet Indonesia Naik dari tahun ke Tahun. Jakarta. Diakses dari https://m.antaranews.com pada 10 Juli 2022.
Aqsa, M. (2018). Pengaruh Iklan Online Terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen Secara Online di Kota Palopo, Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 82-352.
Alwi, Rahmatsyah, H. W., & Hermina, N. (2022). Pengaruh Search engine Optimization , dan Media Sosial Terhadap Minat Beli Melalui E-Service Quality di E-Commerce Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 24(2), 346-354.
Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makasar. Jurnal Mirai Manjemen, 6(1), 120-136.
Faruq, H. A., & Mustafidah, H. (2021). Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Upaya Meningkatkan Volume Lalu Lintas Website Akademik di Google Search Engine. Jurnal Cybernetic, 5(2), 81-87.
Herawati, H. (2020). Penaruh Iklan Media Sosial Instagram dan Celebrity Endoser (Selegram) Terhadap Minat Beli (studi kasus pada toko online shop Keripik pisang coklat Krispbo.id). Journal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 81-97.
Himawan, Arisantoso, & Saefullah, A. (2015). Analisa Pengaruh Pengguna Search Engine Optimization (SEO) Pada Website E-Commerce. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 34-41.
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23-31.
Lukito, R. B., Lukito, C., & Arifin, D. (2014). Penerapan Teknik SEO (Seacrch Engine Optimization) Pada website Dalam Startegi Pemasalan Melalui Internet. Jurnal ComTech, 5(2), 1050-1058.
Nasution, S. L., limbong, C. H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Prosuk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ecobisma, 7(1), 43-53.
Maisyaroh, Fitri, A., & Qurniawati, E. F. (2022). Pengaruh Iklan Facebook Terhadap Minat Beli Siswa di Kabupaten Roka Hulu. Journal of Social Media and Message, 1(1), 1-12.
Mayasari, H., & Patmawati. (2019). Pengaruh Iklan Internet, Celebrity Endorder dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli pada Shopee di Kota Padang. Jurnal Manjemen dan Kewirausahaan, 10(4), 1-10.
Maula, Z. (2017). Pengaruh Search Engine Optimization, Media Sosial, dan Iklan Berbasis Internet terhadap Keputusan Pembelian Online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, Kota Langsa. Tesis. Langsa: Universitas Samudra.
Pebrianti, T. (2020). Pengaruh Iklan Internet dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee bagi Konsumen Kayuagung. Jurnal EKOBIS: Kajian Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 54-68.
Prasetyo, A. (2022). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Structural Equation Model. Journal of Business Management Education (JBME), 7(3), 81-94.
Prasetyo, A., & Sukarni, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Di SMKN I Batam. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 11(1), 1-19. DOI: https://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.2721
Pratama, B. P. (2020). Strategi Promosi Online Ice Yaghurt Dengan Teknik Seacrch Engine Optimalization (SEO) di Sentulfresh Indonesia, Bogor, Jawa Barat. Politeknik Negeri Lampung, Bandar Lampung.
Safitri, E. (2020). Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Eza Madiri Tahu Tuna Pak Ran Pacitan, Jurusan ekonomi Syariah: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IAIN Ponorogo.
Sandra, L. C., & Ambarwati, M. F. L. (2020). Pengaruh Iklan Youtube Transportasi Online Terhadap Keputusan Konsumen Gojek di Wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 6(1), 47-65.
Subagyo, S. E. F., & Dwiridotjahjono, J. (2021). Pengaruh Iklan, Konformitas dan gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee di Kota Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 26-39.
Yasa, I. W. C., Wibisono, C., Gulo, E. & Prasetyo, A. (2020). Determination Compensation, Leadership, And Organizational Culture on Performance Through Employee Work Satisfaction. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol. 24, No. 07, pp. 8758-8764
Copyright (c) 2024 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.