Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Produk Pembiayaan Gadai Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kisaran

  • Yulita Astri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairina Tambunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Promotion Strategy; Social Media; Gold Pawn Financing

Abstract

Terdapatnya persaingan antar sejumlah lembaga keuangan syariah Kabupaten Asahan yang telah mengeluarkan produk gadai emas, sehingga PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kisaran mempunyai strategi yang digunakan untuk mencapai target dalam promosinya. Misal pemakaian media sosial untuk media komunikasi yang bertambah membuktikan eksistensinya. Manfaat juga tujuan dari penelitian ialah guna memahami kelemahan dan kelebihan dalam melaksanakan promosi lewat media sosial pada perkembangan produk gadai emas yang dilaksanakan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kisaran serta untuk menarik minat nasabah yang ada disekitar kota. Penelitian menggunakan penelitian lapangan memakai pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data merupakan wawancara. Penelitian dilakukan di PT. Bank Syariah Indonesia, di Jl. Imam Bonjol No 195, Kel. Kisaran Timur, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kota Kisaran, Sumatera Utara. Pada bulan Januari sampai februari 2023.   Kelemahan maupun keunggulan untuk melaksanakan promosi lewat media sosial pada perkembangan produk BSI KCP Kisaran yakni: Memiliki keunggulan yaitu dengan media sosial tentu masyarakat lebih mudah memperoleh informasi terkait produk BSI KCP Kisaran kemudian akan lebih banyak menarik nasabah baru untuk BSI KCP Kisaran dan akan lebih dikenal masyarakat luas. Kelemahan yaitu ketika melakukan promosi produk memiliki keterbatasan informasi dan pengetahuan mengenai media social. Dari hasil wawancara didapat kesimpulan bahwa pelaksanaan strategi promosi yang dilalukan oleh BSI KCP Kisaran terhadap perkembangan produk-produknya teknik yang lebih efesien yang dilakukan yaitu dengan lewat media sosial, berdasarkan pelaksanaan pada perkembangan produk di BSI KCP Kisaran melaui media sosial hingga sekarang ini cukuplah bagus.

References

Anzal. (2021). Pengaruh Promosi Dan Pembiayaan Rahn Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pt. Pegadaian Cabang Syariah Luwu. Skripsi, 29–30. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3460/1/ANZAL.pdf

Armen, R. E., & Hermawan, A. (2022). Implementasi Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia Dalam Perspektif Hukum Islam: Studi Kasus di BSI Kantor Cabang Pembantu Kuningan. Journal of Islamic Law, 3(1), 27–48. https://journal.stishusnulkhotimah.ac.id/index.php

Auladi, A. F. (2021). Pengaruh Strategi Promosi dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Minat Nasabah Untuk Berinvestasi di PT. Pegadaian Cabang Kebumen. 1–150.

Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Satu Nusa.

Fauziyah, E. (2019). Analisis Mekanisme Dan Penerapan Akad Pada Produk Cicil Emas Terhadap Minat Nasabah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Unit 2 Tulang Bawang). Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.

Hidayah, H. T. (2023). Strategi Promosi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Soetta Dalam Meningkatkan Minat Gadai Emas. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22853

Ikhsan, N., Fadilla, F., & Choirunnisak, C. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Emas Terhadap Minat Nasabah Produk BSI Gadai Emas (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KC Simpang Patal Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 351–376. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.86

Lestari, D. S., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Peran Wirausaha Berjamaah dan Individu Berkarakter dalam Penguatan Industri Halal di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 325-338. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7899

Mamun, S., & Ningsih, T. H. (2021). Implementasi Strategi Layanan Teknologi Digital Banking dan Service Quality dalam Perspektif Nasabah pada Perbankan Syariah (Study kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Tomang). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 223 - 233. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i02.249

McQuail, D. (1992). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Erlangga.

MH Ainulyaqin, Saiban, K., & Munir, M. (2023). Praktek Gadai Sawah di Kabupaten Bekasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(01), 51 - 60. https://doi.org/10.37366/jespb.v8i01.258

Mulyantari, P. N. (2020). Tinjauan Bauran Pemasaran Pembiayaan Cicil Emas Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Setiabudhi Bandung. 2507(February), 1–9.

Prawirosentono, S., & Primasari, D. (2014). Manajemen stratejik dan pengambilan keputusan korporasi. PT. Bumi Aksara.

Putri, A. E. (2019). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dalam Pengembangan Produk-Produk Bank Syariah (Studi Pada Bni Syariah Cabang Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3294%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/3294/1/ALMIDA ELIT PUTERI.pdf

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 53(2), 372. https://doi.org/10.2307/2757514

Published
2023-10-23
How to Cite
Astri, Y., & Tambunan, K. (2023). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Produk Pembiayaan Gadai Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kisaran. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(02), 116 - 124. https://doi.org/10.37366/jespb.v8i02.1030
Abstract viewed = 381 times
PDF downloaded = 284 times