Penawaran Dan Perilaku Produsen Dalam Kerangka Ekonomi Islam

  • Laila Tri Nurmasari IAIN Ponorogo
  • Amin Wahyudi IAIN Ponorogo
Keywords: Penawawan; Perilaku Produsen; Ekonomi Islam

Abstract

ABSTRAK

Penawaran dan perilaku produsen adalah konsep kunci dalam ekonomi yang memiliki implikasi penting dalam konteks ekonomi Islam. Penawaran mengacu pada banyaknya barang yang disediakan oleh penjual pada tingkat harga dan periode waktu tertentu. Hukum penawaran menjelaskan hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Dalam kerangka ekonomi Islam, transparansi dan spesifikasi barang atau jasa yang ditawarkan menjadi prioritas, dengan penekanan pada keadilan dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip Islam.

Perilaku produsen dalam ekonomi Islam dikaitkan dengan keshalehan individu. Tingkat keshalehan seseorang berkorelasi positif dengan produktivitas, di mana individu yang lebih shaleh cenderung memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Al-Qur'an menekankan manfaat dari barang yang diproduksi dan mendorong produksi barang yang memenuhi kebutuhan manusia. Nilai-nilai Islam seperti berwawasan jangka panjang, integritas, dan penghargaan terhadap hak milik individu juga memengaruhi perilaku produsen.

Pentingnya mematuhi prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam produksi tercermin dalam nilai-nilai seperti keadilan, ketepatan waktu dalam pembayaran upah, dan menghindari produksi yang diharamkan dalam agama. Memahami dan mengadopsi prinsip-prinsip ini memungkinkan produsen untuk berkontribusi dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan dan sesuai dengan ajaran Islam.

References

Abubakar, Achmad, and Halimah Basri. “Analisis Konsep Perilaku Produsen dalam Hukum Ekonomi Islam Perspektif Al-Qur’an” 8 (2023).

Adzkiya, Ubbadul. “Analisis Maqashid Al-Syariah Dalam Sistem Ekonomi Islam dan Pancasila.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 10, no. 1 (August 31, 2020): 23. https://doi.org/10.21927/jesi.2020.10.

Abubakar, Achmad, and Halimah Basri. “Analisis Konsep Perilaku Produsen Dalam Hukum Ekonomi Islam Perspektif Al-Qur’an” 8 (2023).

Adzkiya, Ubbadul. “Analisis Maqashid Al-Syariah Dalam Sistem Ekonomi Islam dan Pancasila.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 10, no. 1 (August 31, 2020): 23. https://doi.org/10.21927/jesi.2020.10(1).23-35.

Aenul Fadillah, Kisanda Midisen, MH Ainulyaqin, & Sarwo edy. (2024). Analisis Kebijakan Program Rumah Gratis Siap Huni pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Economic Reviews Journal, 3(1), 420 –. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.167

Ainulyaqin, M. H., Sakum., Edy, S., Rakhmat, A. S., & Wulandari, M. (2023). Peran Program Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 3643-3650. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10881

Al-Ghazali’s Islamic Economic Perspective.” Annals of the University of Craiova for Journalism, Communication and Manage 8, no. 1 (December 21, 2022): 33–38. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7470398.

Azizuddin, I., ‘Ainulyaqin, M. H. (2022). Industri Pariwisata Halal: Pendorong Inovasi Untuk Halalpreneurs. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 106-116. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4040

Desiana, Rina, and Noni Afrianty. “Landasan Etika Dalam Ekonomi Islam” 3, no. 1 (2017).

Faina, L., Sakum., Ainulyaqin. M. H., & Edy, Sarwo. (2024). Analisis Tingkat Kesesuaian Syariah Dalam Proses Produksi Pewangi “Fresh” Laundry Pada Roicool Cipta Mandiri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(01), 754-762. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11495

HasibuanJ., EdyS., & AinulyaqinM. (2023). Analisis Praktik Giveaway Dalam Jual Beli Online pada Perspektif Ekonomi Syariah: Studi pada Oflaila_Busana. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 737-748. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4473

Hermawan Kertajaya and Muhammad Syakir Sula. Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2006.

Ibnu Syarif, Mujar. “Konsep Riba Dalam Alquran Dan Literatur Fikih.” Al-Iqtishad III, no. II (Mei 2011).

Lestari, D. S., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Peran Wirausaha Berjamaah dan Individu Berkarakter dalam Penguatan Industri Halal di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 325-338. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7899

Lestari, D. S., & Ainulyaqin, M. H. (2022). Program Industrialisasi Dalam Mengatasi Kesenjangan Ekonomi Di Masyarakat : Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 288-297. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4077

M. Khoirul Fikri and Rizky Andrean. “Traditional Market Insight from Imam.

Marwiyah, S. L., ‘Anulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif dan Tingkat Pendapatan Terhadap Online Shopping Pada E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 4279-4294. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10783

MH Ainulyaqin, Saiban, K., & Munir, M. (2023). Praktek Gadai Sawah di Kabupaten Bekasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(01), 51 - 60. https://doi.org/10.37366/jespb.v8i01.258

Mulyana, Dadang. “Market Structure and Competition Price in Islamic Economics.” International Journal of Nusantara Islam 6, no. 2 (March 25, 2019): 144–53. https://doi.org/10.15575/ijni.v6i2.4401.

Nur’aeni., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi dan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(01), 270-284. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12146

Nurhasanah, P., Achmad, Y., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Efektivitas Penerapan UU. No. 13 Tahun 2011 pada Penanganan Fakir Miskin Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 4589-4605. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10487

Nur Rianto Al-Arif, M. “Pengantar Ekonomi Syariah Teori dan Praktik”. Bandung: Pustaka Setia, 2015, hlm.218.

Rivai, Veithzal, and Andi Buchari. Islamic Economics. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Saroh, S., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M H., & Edy, S. (2023). Analisis Transaksi Digital Non Fungible Token (NFT), Sebagai Instrumen Investasi Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 378-386. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7948

Umul Qiromah, Sarwo Edy, Sakum, & M H Ainulyaqin. (2024). Analisis Strategi Marketing Mix pada Esteh Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Economic Reviews Journal, 3(1), 312 –. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.153

Veronika, A., Ainulyaqin, M. H., & Panggabean, E. I. A. (2023). Wishtleblowing dalam Perspektif Islam. Journal of Islamic Economics Development and Innovation (JIEDI), 2(2), 074–082. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ijiedi/article/view/24202

Weber, Hanna, David D. Loschelder, Daniel J. Lang, and Arnim Wiek. “Connecting Consumers to Producers to Foster Sustainable Consumption in International Coffee Supply – a Marketing Intervention Study.” Journal of Marketing Management 37, no. 11–12 (July 24, 2021):1148–68. https://doi.org/10.1080/0267257X.2021.1897650.

Yogi, Ekonomi Manajerial, (Jakarta: Kencana, 2006).

Zulkarnain, Iskandar, and Hestu Nugroho W. “Analisis Perilaku Produsen dalam Mengembangkan Produk Berbasis Kearigan Lokal Tangerang Selatan.” INOVASI 6, no. 2 (December 4, 2019): 69. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v6i2.y2019.p69-79.

Published
2024-04-21
How to Cite
Laila Tri Nurmasari, & Amin Wahyudi. (2024). Penawaran Dan Perilaku Produsen Dalam Kerangka Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(01), 59-68. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i01.1067
Abstract viewed = 230 times
PDF downloaded = 365 times