Perilaku Ekonomi Muslim Generasi Z Kecamatan Mojosari-Mojokerto Pada Belanja Online Perspektif Perilaku Konsumsi Islam

  • Muhammad Fajrul Falah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lilik Rahmawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Hakim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Perilaku Ekonomi; Muslim Generasi Z; Belanja Online; Konsumsi Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku ekonomi pada belanja online Muslim generasi Z di Kecamatan Mojosari-Mojokerto perspektif perilaku konsumsi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dengan cara wawancara kepada para informan Muslim generasi Z Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto yang di ambil dari 5 kelompok/komunitas untuk menggali pengalaman konsumsi belanja online di e-commerce, serta bagaimana analisis perspektif Islam. Hasil penelitian menjelaskan bahwa berdasarkan perspektif Islam, perilaku informan bisa dijelaskan antara lain: 1) Kebersihan, kualitas dan produk original menjadi tolak ukur mereka dalam menentukan keputusan. 2) Keadilan, informan membeli barang berdasarkan rating, harga, deskripsi, ulasan pengguna dan bestseller, sehingga dari data tersebut tranksaksi belanja online menjadi transparan dan jujur. 3) Kesederhanaan, hampir semua informan melakukan transaksi e-commerce karena memang kebutuhan, serta menyesuaikan kemampuan finansial, juga kebanyakan informan rata-rata hanya belanja 1-2 kali perbulan. 4) Kemurahan hati, informan tidak membeli kategori barang yang dilarang Islam, mereka justru melahirkan perputaran roda ekonomi. 5) Moralitas, informan mayoritas memasukan ke keranjang akun terlebih dahulu sebelum membeli barang untuk menghindari impulsif. Dan mayoritas dari mereka menggunakan fitur bayar ditempat (COD) dan shopeepay, sehingga tidak melanggar aturan agama. Kesimpulan penelitian adalah mayoritas dari informan sesuai dengan etika perilaku konsumsi Islam, meskipun ada sebagian kecil informan yang masih belum sesuai, hal ini disebabkan oleh efek perubahan zaman dan kurangnya mengontrol diri dalam membuat suatu keputusan ekonomi.

References

Aenul Fadillah, Kisanda Midisen, MH Ainulyaqin, & Sarwo edy. (2024). Analisis Kebijakan Program Rumah Gratis Siap Huni pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Economic Reviews Journal, 3(1), 437–451 . https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.167

Ainulyaqin, M. H., Sakum., Edy, S., Rakhmat, A. S., & Wulandari, M. (2023). Peran Program Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 3643-3650. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10881

Andalasari, L., & Ridwan, T. (2021). Tinjauan Ekonomi Islam Dalam Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. GLOSAINS: Jurnal Sains Global Indonesia, 3(1), 17–29.

Anggraini, M., Nusrida, H., & Kamarni, N. (2022). Perilaku Konsumsi Muslimah Generasi Z Terhadap Produk Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi UIN Imam Bonjol). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(3), 52–64.

Azizuddin, I., ‘Ainulyaqin, M. H. (2022). Industri Pariwisata Halal: Pendorong Inovasi Untuk Halalpreneurs. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 106-116. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4040

Azmi, S. A. R. N., Herliana, Y., & Lestari, D. (2023). Penggunaan Aplikasi Bealanja Online Perilaku Impulse Buying Mahasiswa FEBI UINSU. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 3690–3699.

BPS Kab. Mojokerto. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mojokerto Tahun 2022. In Berita Resmi Statistik (Issue 02/2/3516/Th. V). http://www.mojokertokab.bps.go.id

Chevalier, S. (2022). Retail E-commerce Sales Worldwide From 2014 to 2026. Statista. https://www.statista.com/statistics/379046/worldwide-retail-e-commerce-sales/#statisticContainer

Christianti, Y. D., Amir, V., & Suhasto, R. I. N. (2021). Paradoks Konsumerisme “Manusia Akuntansi” Studi Fenomenologi Transendental Perilaku Konsumsi Di Era Industri 4.0 Dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02), 1055–1065. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2626

Devi, A. (2023). DCO 2030: Digital economy to contribute 30% of global GDP and create 30 million jobs by 2030. Edge. https://www.edgemiddleeast.com/business/dco-2030-digital-economy-to-contribute-30-of-global-gdp-and-create-30-million-jobs-by-2030#:~:text=According to the World Bank,GDP of the physical world

Ermawati. (2021). Etika Konsumsi Islam Dalam Impulsive Buying. Bilancia, 15(1), 103–124.

Furqon, I. K. (2018). Teori Konsumsi Dalam Islam. Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 06(1), 1–18. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v6i1.1169

Harahap, I., Marliyah, Nasution, Juliati, Y. S., & Syahriza, R. (2017). Hadis Hadis Ekonomi. Kencana.

Hartsetyo, A. P., Kurnianingtyas, I., Wahyuni, N. N., & Barbie, V. (2023). Pengaruh E-lifestyle Sebagai Bentuk Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Jurnal Mahasiswa Indonesia, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.11111/jmi.xxxxxxx

HasibuanJ., EdyS., & AinulyaqinM. (2023). Analisis Praktik Giveaway Dalam Jual Beli Online pada Perspektif Ekonomi Syariah: Studi pada Oflaila_Busana. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 737-748. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4473

Hidayati, S. (2019). Teori Ekonomi Mikro (S. Anwar & U. Al Faruq (eds.); Cetakan pe, Issue 1). Unpam Press. http://eprints.unpam.ac.id/8598/1/MODUL UTUH_TEORI EKONOMI MIKRO.pdf

Idris, M. (2023). UMR Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto 2023 Terbaru. Money.Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2023/02/03/163249526/umr-kota-mojokerto-dan-kabupaten-mojokerto-2023-terbaru?page=all#google_vignette

Kredivo dan Katadata Insight Center. (2023). Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2023. https://databoks.katadata.co.id/publikasi/2023/06/14/laporan-perilaku-konsumen-e-commerce-indonesia-2023

Kusnandar, D. L., Kurniawan, D., & Sahroni, N. (2022). Pengaruh Mental Accounting Pada Generasi Z Terhadap Financial Behaviour Pada Masa Pandemi Covid 19 Dengan Dimediasi Gaya Hidup. Valid: Jurnal Ilmiah, 19(2), 97–106. https://doi.org/10.53512/valid.v19i2.213

Kusnandar, V. B. (2021). Sebanyak 97% Penduduk Jawa Timur Beragama Islam pada Juni 2021. Databoks.Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/18/sebanyak-97-penduduk-jawa-timur-beragama-islam-pada-juni-2021

Kuswarno, E. (2007). Tradisi Fenomenologi pada Penelitian Komunikasi Kualitatif: Sebuah Pedoman Penelitian dari Pengalaman Penelitian. Jurnal Sosiohumaniora, 9(2), 161–176.

Lestari, D. S., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Peran Wirausaha Berjamaah dan Individu Berkarakter dalam Penguatan Industri Halal di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 325-338. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7899

Lestari, D. S., & Ainulyaqin, M. H. (2022). Program Industrialisasi Dalam Mengatasi Kesenjangan Ekonomi Di Masyarakat : Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 288-297. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4077

Mannan, M. . (1993). Ekonomi Islam: Teori dan Praktek. Dana Bhakti Wakaf.

Marwiyah, S. L., ‘Anulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif dan Tingkat Pendapatan Terhadap Online Shopping Pada E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 4279-4294. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10783

Melis. (2015). Prinsip dan Batasan Konsumsi Islami. Islamic Banking, 1(1), 13–19.

MH Ainulyaqin, Saiban, K., & Munir, M. (2023). Praktek Gadai Sawah di Kabupaten Bekasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(01), 51 - 60. https://doi.org/10.37366/jespb.v8i01.258

Mojokerto, B. P. S. K. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Agama yang Dianut, 2019. Mojokertokab.Bps.Go.Id. https://mojokertokab.bps.go.id/statictable/2020/06/23/258/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-dan-agama-yang-dianut-2019.html

Mojokerto, D. K. dan C. S. K. (2023). Jumlah Penduduk Kabupaten Mojokerto Tahun 2020. Mojokertokab.Go.Id. https://mojokertokab.go.id/data-dan-statistik/kependudukan

Muhammad Hamdan ’Ainulyaqin, Ristoni, & Ali Nur Ahmad. (2022). ASET WAKAF PRODUKTIF: KESEJAHTERAAN PONDOK PESANTREN (Studi Pada Salwa Mart Yayasan Pondok Pesantren Annihayah Rawamerta Karawang Jawa Barat). Journal of Islamic Economics Development and Innovation (JIEDI), 1(2), 109–116. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ijiedi/article/view/20709

Muharromah, G. L., Rahmawati, L., & Lutfiyah, A. (2021). Perilaku Konsumsi Santri Milenial dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Iqtisaduna, 7(2), 153–162. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Iqtisaduna/article/view/24786%0Ahttp://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Iqtisaduna/article/download/24786/12426

Muslim, A. (2023). Konsumen di Pulau Jawa Berkontribusi 83% terhadap Transaksi e-Commerce. Investor. https://investor.id/business/334672/konsumen-di-pulau-jawa-berkontribusi-83-terhadap-transaksi-ecommerce

Nasution, H. F., Marliyah, & Susanti, N. (2022). Tinjauan Sosiologi Ekonomi Perilaku Konsumsi Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara Pada Pasar Virtual Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Humantech Jurnal IImiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 63–70.

Nur’aeni., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi dan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(01), 270-284. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12146

Nurhasanah, P., Achmad, Y., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Efektivitas Penerapan UU. No. 13 Tahun 2011 pada Penanganan Fakir Miskin Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 4589-4605. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10487

Putra, M. D., Putri, D., & Amelia, F. (2019). Prinsip Konsumsi 4K + 1M Dalam Perspektif Islam. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 4(1), 23–45. https://doi.org/10.32923/asy.v4i1.880

Ramadani, M. R., & Riska, C. W. (2023). Analisis Penggunaan Fitur Shopee Paylater Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah FAI UMSU). Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 129–141.

Rizaty, M. A. (2023a). Penjualan E-Commerce Mobile Diproyeksi Capai US$2,17 T pada 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/penjualan-ecommerce-mobile-diproyeksi-capai-us217-t-pada-2023

Rizaty, M. A. (2023b). Transaksi e-Commerce RI Tak Capai Target pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/transaksi-ecommerce-ri-tak-capai-target-pada-2022

Sari, N. W., Wahyuni, E. S., & Harpepen, A. (2022). Pola Perilaku Konsumtif Mahasiswa Akibat Penggunaan Online Shop Ditinjau Dari Etika Konsumsi Islam. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(2), 12–18. https://doi.org/10.51178/jecs.v4i2.665

Saroh, S., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M H., & Edy, S. (2023). Analisis Transaksi Digital Non Fungible Token (NFT), Sebagai Instrumen Investasi Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 378-386. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7948

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (volume 5). Lentera Hati.

Sihabudin, F., Achmad, L. I., 'Ainulyaqin, M. H., Midisen, K., & Edy, S. (2022). Analysis of Blockchain Technology and Security Principles in Cryptocurrency Transactions according to the perspective of Islamic Economics: Case study : Smart Contract on the Ethereum Blockchain Network. Ta’amul: Journal of Islamic Economics, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.58223/taamul.v1i1.2

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistianti, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 3456–3466. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2861

Syaparuddin. (2017). Ilmu Ekonomi Mikro Islam (Peduli Maslahah vs Tidak Peduli Maslahah) (Jumriani (ed.)). TrustMedia Publishing.

Umul Qiromah, Sarwo Edy, Sakum, & M H Ainulyaqin. (2024). Analisis Strategi Marketing Mix pada Esteh Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam . Economic Reviews Journal, 3(1), 312 –. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.153

Zakiah, S. (2022). Teori Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 02(02), 180–194. https://jurnal.unsur.ac.id/elecosy/index

Zaroni, A. N. (2012). Landasan Filosofis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam Dan Konvensional. Mazahib Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 10(1), 55–68.

Published
2024-04-21
How to Cite
Muhammad Fajrul Falah, Lilik Rahmawati, & Abdul Hakim. (2024). Perilaku Ekonomi Muslim Generasi Z Kecamatan Mojosari-Mojokerto Pada Belanja Online Perspektif Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(01), 42-58. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i01.1295
Abstract viewed = 311 times
PDF downloaded = 263 times