Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Dan Trust Terhadap Keputusan Anggota Non Muslim BMT Assyafiiyah Berkah Nasional

  • Mak’rifah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Muhamad Irpan Nurhab Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Siti Nurjanah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Metro
Keywords: Literasi Keuangan; Religiusitas; Trust; Non Muslim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Bagaimana pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan trust secara parsial (sendiri sendiri ) terhadap keputusan  menjadi anggota pada BMT Assyafiiyah Berkah Nasional di Kecamatan Sekampung. Bagaimana pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan trust secara simultan terhadap keputusan menjadi anggota pada BMT Assyafiiyah Berkah Nasional di Kecamatan Sekampung dan Apakah faktor utama yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, google form, wawancara singkat dengan narasumber, didukung dokumen dan referensi dari buku-buku, jurnal dan informasi lain. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan regresi linier berganda dan analisis faktor dengan bantuan SPSS 24 for Windows.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Literasi keuangan syariah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Sekampung dengan nilai Thitung 40.458 2) Religiusitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional dengan nilai Thitung 9.106 3) Trust secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Sekampung dengan nilai Thitung 3.388, Literasi keuangan syariah, religiusitas, dan trust secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Sekampung dengan nilai Fhitung 601,930. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan menjadi anggota yaitu literasi keuangan syariah dengan nilai factor loading sebesar 0,850.

References

Agustina, M. S., Fiandi, M., & Ramayanti, T. P. (2023). Pengaruh Brand Trust Dan Marketing Public Relation Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Batara Haji Dan Umrah Btn Ib. Jurnal Manajemen.

Aini, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Baitul Maal Wa Tamwil (Bmt). Journal Of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 83–106. Https://Doi.Org/10.56436/Jocis.V1i1.61

Ainulyaqin, M. H., Rakhmat, A. S., Achmad, L. I., Fahamsyah, M. H., & Alfatihah, S. A. (2024). Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah: Antara Physical Evidence, Promise, dan Customer Centric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(01), 389-400. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11361

Alawiyah, T., & Mochlasin, M. (2021). Peran Kepercayaan Dalam Memoderasi Pengaruh Sales Promotion, Advertisig Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menbung. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 9(2), 257. Https://Doi.Org/10.20961/Hpe.V9i2.54638

Alwi, S., Hashim, I. Z. A., & Ali, M. S. (2015). Factors Affecting Savings Habits Within Millennials In Malaysia: Case Study On Students Of Taylor’s University.

Faizah, N., & Sa’diyah, M. (T.T.). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menabung Di Bank Syariah.

Faransyah, R., & Prabowo, P. S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Literasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pegadaian Syariah Di Surabaya. 3, 10.

Fauzi, R. N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, Dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Santri Di Kabupaten Sleman Yogyakarta). 9.

Fielnanda, R., & Wahyuningsih, S. (2021). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Masyarakat Kelurahan Simpang Iv Sipin The Influence Of The Level Of Religiosity, Level Of Education, Level Of Income On Interest In Saving In Islamic Banks In The Community Of Simpang Iv Sipin Sub-District. 1(1).

Gultom, S. A., & Siregar, S. (T.T.). Apakah Regiulitas Memoderasi Keputusan Nasabah Bank Syariah.

Hakim, F. W., Hasan, A., & Putra, I. (2022). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Kota Bandar Lampung.

Handida, R. D., & Sholeh, M. (2019). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 84–90. Https://Doi.Org/10.21831/Jep.V15i2.23743

Heriska, P. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, Dan Pelayanan Syariah Terhadap Preferensi Tabungan Bsi. 1(4).

Irfani, A., Furqani, H., & Hasnita, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Haji (Studi Komparatif Pada Bank Aceh Dan Bank Syariah Mandiri Di Kabupaten Aceh Selatan). Journal Of Sharia Economics, 1(2), 140–159. Https://Doi.Org/10.22373/Jose.V1i2.644

Jamaludin, N., & A’is, R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kemudahan Transaksi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Syariah Bmt Bisma Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(3). Https://Doi.Org/10.35137/Jmbk.V9i3.607

Kartika, C., Yusuf, Y., Hidayat, F., Krinala, E., Fauzi, S. N., Sari, A. P., Firmansyah, E., & Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Religiusitas, Trust, Corporate Image, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri Di Surabaya. Develop, 4(2), 53–82. Https://Doi.Org/10.25139/Dev.V4i2.2803

Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. 05(01).

Malik, A., & Syahrizal, A. (2021). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia Kcp Singkut Pada Masyarakat Desa Pelawan Jaya. 1(1).

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory Of Relationship Marketing. Journal Of Marketing, 58(3), 20–38. Https://Doi.Org/10.1177/002224299405800302

Muhdina, H. D. (2015). 7. Non Muslim Dalam Al-Quran.

Mulyaningtyas, I. F., Soesatyo, Y., & Sakti, N. C. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah Di Kelas Xi Ips Man 2 Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 53. Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V8n1.P53-66

Musyaffa, H., & Iqbal, M. (2022). Pengaruh Religiusitas, Kualitas Layanan, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Perbanas Journal Of Islamic Economics And Business, 2(2), 167. Https://Doi.Org/10.56174/Pjieb.V2i2.61

Rachmawati, A. (2020). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 1–20. Https://Doi.Org/10.37058/Jes.V5i1.1502

Revonnarta, E., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Religiusitas Dan Citra Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Melalui Bank Syariah Di Sidoarjo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 37–49. Https://Doi.Org/10.26740/Jekobi.V4n2.P37-49

Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, Dan Religiusitas Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Produk Simpanan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V4i02.307

Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79. Https://Doi.Org/10.54471/Muhasabatuna.V2i1.706

Sakum., Ainulyaqin, M. H., Achmad, L. I., Mamun, S., & Anggadita, I. (2024). Minat Pedagang Muslim Menabung Di Perbankan Syariah: Seberapa Besar Pengaruh Pengetahun dan Budaya Kerja?. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(01), 490-497. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12388

Shafrani, Y. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Produk Simpanan Pada Bsm Cabang Purwokerto. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 189–215. Https://Doi.Org/10.24090/Ej.V4i1.2016.Pp189-215

Sinta, T. (2020). Economic Education Analysis Journal.

Siti Aisyah, Ragil Satria. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Mahasiswa Ekonomi Syariah Dan Perbankan Syariah Wilayah Kabupaten Bantul Yogyakarta). Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1). Https://Doi.Org/10.30596/Aghniya.V2i1.3907

Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V7i1.1627

Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Untuk Menabung Di Bank Syariah. 4(2).

Utami, W., Sangen, M., & Rachman, M. Y. (T.T.). Imama (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Di Kota Banjarmasin). 12.

Wathan, H. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Motivasi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah.

Widyar VR, MH Ainulyaqin, Y Ahmad, & S Edy. (2024). Analisis Penggunaan Instagram dan Fintech Crowdfunding Terhadap Minat Membayar Zakat dengan Transparansi Badan Amil Zakat Sebagai Variabel Intervening. Economic Reviews Journal, 3(1), 330 –. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.154

Yulianti, R., Sangen, M., & Rifani, A. (T.T.). Pengaruh Nilai-Nilai Agama, Kualitas Layanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Banjarmasin. 12.

Published
2024-05-05
How to Cite
Mak’rifah, Muhamad Irpan Nurhab, & Siti Nurjanah. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Dan Trust Terhadap Keputusan Anggota Non Muslim BMT Assyafiiyah Berkah Nasional. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(01), 232-246. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i01.1335
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 159 times