Analisis Strategi Bank Syariah Dalam Meningkatkan Market Share Ditengah Eksistensi Bank Konvensional Pada Era Digital

  • Ita Rukmanasari, Kurniadi, Muh. Dian Nur Alim Mu'min, Lince Bulutoding, Syaiful Muhlis Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Strategi Bank Syariah, Market Share, Bank Konvensional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh bank syariah dalam meningkatkan market share ditengah eksistensi bank konvensional pada era digital saat ini. Penelitian dilakukan dengan mengkaji literatur terdahulu yang berisi tentang teori-teori yang relevan terhadap masalah–masalah penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi-strategi yang digunakan oleh Bank syariah yakni penerepan pelayanan prima dalam hal ini bank harus terus meningkatkan kepatuahn operasional bank terhadap prinsip syariah. Selanjutnya strategi penetrasi pasar (market penetration), yaitu sebuah strategi yang mengupayakan peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki dan memodifikasi produk atau jasa yang ada saat ini, dan strategi pemasaran dan layanan digital karena dengan digital marketing, nasabah mampu menjangkau dan memperoleh seluruh informasi mengenai produk yang di tawarkan di mana pun dan kapan pun. Sehingga digital marketing mampu meningkatkan jumlah konsumen dan loyalitas nasabah begitupun dengan layanan digital dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan Dimana saja da kapan saja. Hal ini yang digunakan oleh bank syariah dalam menarik nasabah agar lebih eksis di era digital saat ini yang akan berdampak pada market share bank syariah itu sendiri.

References

Ciptaningsih, S. A., Septianingsih, C. C., Hanifa, N., & Kunci, K. (2023). DALAM PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam ( AT-TARIIZ ) Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah dalam Produk Pembiayaan Bank Syariah Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah dalam p. 208–220.
Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah - Inggang Perwangsa Nuralam - Google Buku. (n.d.).
Fauzi, F. (2020). Implementasi Manajemen Strategis pada Program School Improvement di MTs. Maqama Mahmuda. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 28.
Fitria, H. (2012). Strategi Servis (Pelayanan Prima) Bank Syariah Terhadap Nasabah Non-Muslim (Studi Kasus Pada Bpr Syariah Amanah Ummah). Al Infaq, 3(1), 58–95.
Hafidh Munawir. (2005). Perencanaan Strategi Pengembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(1), Ahmad Mukhlisin dan Aan Suhendr.
Handayani, R. N., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk Bank Syariah Di Tengah Pesatnya Pertumbuhan Industri Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(01), 1–10. https://doi.org/10.47080/jmb.v5i01.2285
Kadir, S. (n.d.). Peluang Industri Fashion Halal Di Indonesia: Model Pengembangan dan Strategi.
Metode Penelitian Kepustakaan - Google Books. (n.d.).
Novita Sari, D., & Iqbal Fasa, M. (N.D.). Analisis Konten Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing Bank Syariah Indonesia (Vol. 4, Issue 1). Dela Novita.
Peran, P., Milenial, G., & Mewujudkan, D. (2024). VISA : Journal of Visions and Ideas VISA : Journal of Visions and Ideas. 3(3), 536–549.
Musta’in M. M, et al., (2022). Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Dan Kemandirian Masyarakat Era Society 5.0 Editor: Agung Anggoro Seto (Issue March).
Rahardjo, B. (2021). Fintech, Teknologi Finansial Perbankan Digital. Yayasan Prima Agus Teknik Jl. Majapahit No. 605 Semarang.
Saputra, B. (2016). Faktor-Faktor Keuangan Yang Mempengaruhi Market Share Perbankan Syariah Di Indonesia. Akuntabilitas, 7(2), 123–131. https://doi.org/10.15408/akt.v7i2.2675
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Syariah, J. P. (2024). Tantangan dan Peluang Perbankan Syariah di Era Digital dalam Pertumbuhan Berkelanjutan. 2, 13–19.
Syariah, P. (2023). Jurnal Al-Wadiah. 1(December).
Vivi Lutfiatin, (2022), Strategi Customer Service Bank Syariah Indonesia Kcp Gunung Kidul Wonosari Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Terhadap Prinsip Syariah. Asy-Syarikah Asy-Syarikah. 4(2), 132–143.
Salam Dz., A. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 63. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2813
Wulandari, D. (2023). Pemasaran Produk Bank Syariah di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 3085–3092.
Xaviera, A., Azkiani, I., Muhammad, N. J., & Zakiah, Y. H. (2023). Aliyya Xaviera. 9(2).
Published
2024-10-30
How to Cite
Ita Rukmanasari, Kurniadi, Muh. Dian Nur Alim Mu’min, Lince Bulutoding, Syaiful Muhlis. (2024). Analisis Strategi Bank Syariah Dalam Meningkatkan Market Share Ditengah Eksistensi Bank Konvensional Pada Era Digital. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(02), 296-303. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i02.1658
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 19 times