Pengaruh Religiusitas, Literasi Halal, dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal Pada Masyarakat di Jawa Tengah

  • Ivadhatul Aula UNISNU Jepara
  • Aan Zainul Anwar Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Religiusitas; Literasi Halal; Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Jawa Tengah dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100, dengan teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan rumus Rao Purba. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui pengisian kuesioner. Regresi dengan menggunakan data panel digunakan untuk menganalisis data dan pengaruh dari religiusitas, literasi halal dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian makanan halal di Jawa Tengah. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan siginifikan positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian, hasil secara parsial menunjukkan bahwa Religiusitas signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah, Literasi Halal signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah, dan Perilaku Konsumen signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh religiusitas, literasi halal dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk makanan halal.

References

Ainulyaqin, M. H., Adrianna, S. R., Hamidah, S., & Khoerunisa, F. (2024). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Label Pada Kemasan Rengginang UMKM Desa Telajung. Jurnal Pelita Pengabdian, 2(2), 252-258.

Al-Kwifi, O. S., Abu Farha, A., & Ahmed, Z. U. (2019). Dynamics of Muslim consumers’ behavior toward Halal products: Exploration study using fMRI technology. International Journal of Emerging Markets, 14(4), 689–708. https://doi.org/10.1108/IJOEM-11-2017-0486

Amrin, A., Supriyanto, S., & Ardiansyah, A. (2022). Analisis Literasi Halal Dalam Membentuk Gaya Hidup Islami Di Perguruan Tinggi Islam (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta). Fikrah : Journal of Islamic Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.32507/fikrah.v6i1.1311

Anggraeni, Z. (2017). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27749

Anwarussaid, Susilo, E., & Aminnudin, M. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Jual Beli Emas Di Kalinyamatan Jepara Dalam Perspektif Islam. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 3(01), 7–21. https://doi.org/10.34001/jrei.v3i01.840

Asiyah, S., & Hariri. (2021). Consumer Behavior Based on Religiosity Perilaku Konsumen Berdasar Religiusitas. Islamic Banking and Finance Journal, 5(2), 154–163. https://doi.org/10.21070/perisai.v5i2.1533

Baca, B. (2021). Halal Life Style Sebagai Dakwah Determinasi Diri dan Sosial Masyarakat Indonesia. Jurnal Al-Hikmah, 19(01), 1–12. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v19i01.41

Budiyanto, E., & Indriyani, D. (2020). Analisis perilaku konsumen dalam pembelian produk pada Toko Roti di Surabaya. Yos Soedarso Economics Journal, 2(3), 56–62.

Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 431–439.

Camelia, I., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Analisis Peran Sertifikasi Halal Pada Bisnis UMKM Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1474-1484.

Dewanti, S. R., & Yuniati, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Kenangan Surabaya Cabang Mulyosari. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(1), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm3

Esa, I., & Mas’ud, F. (2021). Pengaruh faktor kesadaran halal, harga, pelayanan dan religiusitas terhadap keputusan pembelian orichick di kota semarang. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 10(2), 147–160.

Esso, N., & Dibb, S. (2004). Religious contrasts in consumer decision behavior. European Journal of Marketing, 28(5),.

Faatihah, A. A. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi, Status Ekonomi Orang Tua, Gaya Hidup Dan Religiusitas terhadap Pola Konsumsi Islami di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kepulauan Riau. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation , 1(2), 111–128. https://journal.inspirasi.or.id/index.php/nomicpedia

Fatimah, S., & Hidayat, A. (2016). Pandangan Pengguna Muslim Terhadap Pemakaian Logo Halal Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Jakim): Satu Sorotan Literatur. Journal of Shariah Law Research, 1(1), 105–118. https://doi.org/10.22452/jslr.vol1no1.6

Fauziah, N. I., & Pradesyah, R. (2023). Pengaruh Literasi Dan Budaya Terhadap Keputusan Membeli Produk Halal Di Kamboja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 54–62. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14784

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harumningrat, S., & Burha, D. (2023). Analisis Tingkat Literasi Label Halal Pengusaha UMKM Kerupuk di Desa Dakiring (Studi Kasus Desa Dakiring, Kecamatan Socah, Kabupaten …. Kaffa: Journal of Sharia …, 2(1), 1–14. https://journal.trunojoyo.ac.id/kaffa/article/view/18163

Indonesia, R. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. In Cekindo. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2014/33TAHUN2014UU.HTM

Iqbal, M., & Maharani, D. (2023). Pengaruh Kesadaran Halal , Religiusitas , Dan Pengetahuan Produk Halal. AJIE- Asian Journal of Innnovation and Entrepreneurship, 07(01), 23–32.

Ira, S., Novitasari, D., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Literasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Mahasiswa Ekonomi Islam Se Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7. https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.3963

Kemenag. (2022). Ditetapkan, Label Halal Indonesia Berlaku Nasional (M. Khoeron (ed.)). https://kemenag.go.id/pers-rilis/ditetapkan-label-halal-indonesia-berlaku-nasional-4aqhvr

Kementerian Agama. (2021). Data sertifikasi halal pada Makanan dan Minuman di Jawa tengah. Kementerian Agama. https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-penerbitan-sertifikat-halal-menurut-jenis-produk

Khairunnisa, S., Muhlisin, S., & Yono, Y. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Halal di Kota Bogor. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 473–491. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.1669

Mak’rifah, Nurhab, M. I., & Nurjanah, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Dan Trust Terhadap Keputusan Anggota Non Muslim BMT Assyafiiyah Berkah Nasional. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 09(01), 232–246. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i01.1335

Mardiayanti, & Noor, A. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091–1109. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.560

Maspupah, M. (2019). Pengaruh religiusitas dan label halal terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan dan minuman halal dalam kemasan di Desa Jatingarang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. IAIN Pekaloangan. http://etheses.uingusdur.ac.id/829/

Muhammad, S. (2020). Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk. Jmbk, 1(02), 60–75.

Mulyati. (2019). Pengaruh Literasi Halal Dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2019. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4639.%0ALisan%0A

Niswah, F. M. (2018). Hubungan Persepsi dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Tanpa Label Halal. Jurnal Middle East and Islamic Studies, 5(1), 47–66. http://meis.ui.ac.id/index.php/meis/article/view/69

Nurhayati, & Hendar. (2019). Personal intrinsic religiosity and product knowledge on halal product purchase intention. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-11- 2018-0220

Qiromah, U., Edy, S., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Analisis Strategi Marketing Mix pada Esteh Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Economic Reviews Journal, 3(1), 312-329.

Risal, T., Mirawati, & Prabudi, R. (2021). Pengaruh Customer Satisfaction dan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi Atas Penggunaan Islamic Branding terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(1), 387–398.

Rizqiyyah, F. (2021). Analisis Pengaruh Media Sosial, Gaya Hidup, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan religiusitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Hijab Salatiga). Universitas Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10342

Sarmila, L., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M. H., & Mamun, S. (2024). Determin Minat Beli Ulang Mie Gacoan Bekasi dengan Labelisasi Halal Sebagai Variabel Moderasi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3606-3623.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2000). Consumer Behavior. Upper Saddle River. J: Prentice Hall.

Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen. J..Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyawati, H. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Accounting and Management Journal, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.33086/amj.v5i1.2047

Setyowati, A., Anwar, M. K., & Surabaya, U. N. (2022). Pengaruh Literasi halal dan religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Produk Halal Masyarakat Kabupaten Madiun. Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1), 108–124. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.

The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC). (2024). The Muslim 500. https://themuslim500.com/wp-content/uploads/2023/10/The-Muslim-500-2024-Free.pdf

Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pudak Di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243. https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8005

Widuri, Y. R. (2021). Pengaruh kemasan dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah (studi pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2016 iain batusangkar). Jurnal Iain Batusangkar. https://doi.org/10.1088/1751-%0A8113/44/8/085201

Widyarma, A., Iqbal, M., & Prameswara, S. (2023). Efektifitas kanal halal dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk halal di e-commerce the effectiveness of halal channels in influenced decisions to purchase halal products in e-commerce. Jurnal Syarikah, 9(2), 227–240.

Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen dalam Prespektif Ekonomi Islam. PrilakuKonsumen, 01(01), 18.

Yofaldy, M., Fathurrahman, & Muslihati. (2024). Pengaruh Halal Awareness dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Makanan Halal (Studi pada Milenial Muslim di Lego-lego CPI Makassar Area). Management Studies and Business Journal (PRODUCTIVITY), 1(1), 75–88. https://journal.ppipbr.com/index.php/productivity/index

Published
2024-10-30
How to Cite
Aula, I., & Aan Zainul Anwar. (2024). Pengaruh Religiusitas, Literasi Halal, dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal Pada Masyarakat di Jawa Tengah . Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(02), 341-355. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i02.1811
Abstract viewed = 459 times
PDF downloaded = 345 times