UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB MASLAHAH BANK BJB SYARIAH KCP LIPPO CIKARANG PADA MASA PANDEMI

  • Vivih Shapira Universitas Pelita bangsa
  • Heru Mulyanto Universitas IPWIJA
Keywords: Marketing Strategy, iB Maslahah Savings, Pandemic

Abstract

This study aims to determine the development of marketing strategies for the iB Maslahah savings product at Bank BJB Syariah during the pandemic and the development of socialization to the public about the iB Maslahah savings product at Bank BJB Syariah during the pandemic. The type of data in this study used a qualitative method with a descriptive approach. From the research results, the development of marketing strategies for iB Maslahah savings products is using social media including Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, Whatsapp, and Tiktok. In addition, it also uses a desk call and mobile development maslahah. While the development of the socialization of the iB Maslahah savings product that the BJB Syariah bank did, namely through social media, among others, socialization using Instagram and YouTube live streaming.

References

Sumber Buku dan Undang-Undang:
Al-Qur'an.
Annual Report Bank BJB Syariah Tahun 2020
Antonio, Muhammad Syafi'I, Bank Syariah dari teori ke praktik, Jakarta : Gema Insani, 2001.
Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
Assauri, Sofjan, Manajemen pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Bank Indonesia, Buku Saku Perbankan Syariah, Jakarta, 2006.
Creswell, John W, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosimg Among Five Tradition, London: Sage Publication, 1998
Dharma, Metodologi Penelitian Keperawatan (Pedoman Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian), Jakarta: CV Trans Info Media, 2011.
Fordebi, & Adesy, Ekonomi dan Bisnis Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2016.
Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hardani, Helmina Aandriani, et al, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020
Hasan, Akhmad Farroh, Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer. Malang: UIN-Maliki Press, 2018.
Karim, Adiwarman Azwar, Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.
Kotler, Philip, & Armstrong, Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006.
Martha, & Kresno, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Bidang Kesehatan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Nasution, S, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Nawawi, Imam, Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012.
Pardede, Marulak, Likuidasi Bank dan Perlindungan Nasabah, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1998.
Poerwandari, E.K, Pendekan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi, Jakarta: LPSP3, 2007
Putri, Budi Rahayu, Manajemen Pemasaran, Denpasar, 2017.
Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Satori, D, & Komariah, A, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sujarweni, V. Wiratna, Metodologi Penelitian, Yogyakarta:Pustakabarupress, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Tanjung, H, & Devi, A, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Bekasi: Gramata Publishing, 2018.
Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
Tjiptono, Fandy, & Chandra, G, Pemasaran Strategik, Yogyakarta: Penerbit Andi 2009.
Wiroso, Produk Perbankan Syariah, Jakarta: LPFE Usakti, 2011.
Yafie, Ali, Fiqih Perdagangan Bebas, Jakarta: Terajun Mizan, 2003.
Sumber Artikel Ilmiah:
’AinulyaqinM. (2021). Analisis Peranan Strategi Marketing Funding Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah dan Dana Pihak Ketiga:. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(1), 142-153. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.308
Akbar, Y. R., Zain, I., & Nuraini, P, Analisis dimensi service marketing mix sebagai pengukur kepuasan nasabah bank syariah di pekanbaru, Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 2019, 2(2), 1-15.
Ardianto, R., Achmad, L., & Kurniawati, R, ANALISIS STRATEGI MARKETING LAYANAN PAYROLL (Studi Kasus Bank BNI Syariah KCP Jababeka-Cikarang). JESPB: Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 2021, 6(01), 65-76.
Ganesh, J., Arnold MJ and Reynolds, KE, Memahami basis pelanggan : pemeriksaan perbedaan antara pengalih dan penahan, Jurnal pemasaran, 2000, 65-87.
Gilgun, Sherki, Definitions, methodologies, and methods in qualitative family research, 1992, 22-39.
Hafidz, Jefik Zulfikar, Peran Bank Syariah Mandiri (BSM) Bagi Perekonomian Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mustashfa, Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 2020, 5.2: 138-148.
Irawan, Muhammad Rizal Nur, Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif pada Pd. Bpr. Bank Daerah Lamongan, EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2017 2(1).
Jalaludin, Arif, Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Wadiah, Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2018 2(1), 95-100.
Kristiutami, Y. P, Strategi Pemasaran Hotel Grand Asrilia di Masa Pandemi Covid-19. Media Wisata, 2020 19(1), 1-10.
Lutfi, Mohammad, Penerapan Akad Wadiah di Perbankan Syariah, Madani Syari'ah, 2020 3(2), 132-146.
McAleer, Michael, Manajemen Risiko Covid-19, journal of risk and financial management, 2020, 13(46), 2.
Musobih, F, & Mukarromah, S, Tinjauan Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Produk Akad Mudharabah di BMT Dana Mentari Karanglewas Purwokerto. JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH, 2019, 2(1), 51-65.
Noor, Syamsudin, Penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran Daihatsu Luxio di Malang, Jurnal intEkna, 2014 14.2: 102-209.
Ortega, D., & Alhifni, A, Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah, Equilibrium, 2017 5(01), 87-98.
Permatasari, Desy. E, Penentuan Strategi Bisnis Manajemen Hotel Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Kasus Di Quds Royal Hotel Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 2015 27(1).
Rodiyah, L., & Hadi, A, IMPLEMENTASI AKAD WADIAH DALAM PRODUK TABUNGAN DI BANK SYARIAH MANDIRI DAN TINJAUANNYA MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH, Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 2020, 4(1).
Sarwo, S. E, PERANAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO MELALUI PEMBIAYAAN MUDHARABAH (Studi Kasus BMT Fajar Cabang Cileungsi Bogor Periode 2018-2019). JESPB: Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 2021 6(01), 47-54.
Sukron, S. M,. PROGRAM BUNDLING PRODUK SWB2P DALAM PERSPEKTIF SYARIAH (Studi Kasus BMT UGT Sidogiri CAPEM Cibitung). JESPB: Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 2021 6(01), 30-39.
Sumadi, Menakar Dampak Fenomena Pandemi Covid-19 Terhadap Perbankan Syariah, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2020, 3(2), 145-162.
Suryaningsih, S. A, Aplikasi Mudharabah dalam Perbankan Syariah di Indonesia, Journal of Innovation in Business and Economics, 2013, 4(1), 13-24.
Untari, Shinta Nurafni, Sutrisno Djaja, and Joko Widodo, Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu Pada Dealer Daihatsu Jember, JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 2018, 11,(2): 82-88.
Sumber Skripsi dan Tesis:
Husna, Muchamad Farizak Usladi, Strategi Pemasaran Konveksi Mahendra Collection dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19, 2020.
Wahyuningtias, Dita, Peran Gesture (Gerak Tubuh) Guru Sebagai Upaya Menumbuhkan Perhatian Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam di SMK Ketintang Surabaya, 2015
Maulida, Ria Ayuni, Strategi Pemasaran Tabungan Prioritas Pada Bank Jatim Capem Karang Ploso. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang), 2020.
Sumber Website:
Denni, Alex, Human Capital Index Untuk Era Pengetahuan, www.dunamis.co.id diunduh tanggal 21 Desember 2020 jam 14.33 Wib.
www.bjbsyariah.co.id
www.kemenkes.go.id
Published
2022-11-21
How to Cite
Vivih Shapira, & Heru Mulyanto. (2022). UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB MASLAHAH BANK BJB SYARIAH KCP LIPPO CIKARANG PADA MASA PANDEMI. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 7(02), 148 - 161. https://doi.org/10.37366/jespb.v7i02.590
Abstract viewed = 409 times
PDF downloaded = 445 times