Entrepreneurship Keunggulan Bersaing : Identitas Merek, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Study UMKM Hijab di Kabupaten Bekasi

  • Junedi Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Perkembangan permintaan busana muslim, tumbuhnya komunitas-komunitas hijab seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, dan lain-lain sampai diselenggarakannya beragam bazar, peragaan busana muslim, kegiatan  hijab class  di kampus, perusahaan, pengajian, ataupun arisan sangat mendukung tumbuhnya bisnis busana muslim.

Secara khusus, topik membangun identitas merek UMKM tampaknya memiliki peran dalam sebuah usaha guna membantu untuk menciptakan ide kreatifitas. Inovasi produk mempunyai peran penting dalam keunggulan bersaing. Menilai peluang pasar membutuhkan pengukuran besar secara keseluruhan dan kondisi persaingan bisnis, oleh karena itu untuk memahami kondisi pasar perlu adanya orientasi pasar dalam dunia usaha. Keunggulan bersaing seolah menjadi ajang kompetisi bagi para pelaku usaha, oleh sebab itu para pelaku usaha harus selalu menciptakan hal-hal yang baru dalam membuat produknya.

 

Kata kunci : Identitas Merek (IM), Inovasi Produk (IP), Orientasi Pasar (OP) dan Keunggulan Bersaing (KB).

References

Nistor, Laura. (2017). Hijab(istas)—as Fashion Phenomenon. A Review. Acta Universitatis Sapientiae Social Analysis. 7. 10.1515/aussoc-2017-0004.

Sheen M, Aman Key Yekani H, Jordan TR (2018) Investigating the effect of wearing the hijab: Perception of facial attractiveness by Emirati Muslim women living in their native Muslim country. PLOS ONE 13(10): e0199537.

Bullock, K. (2018). Pious Fashion: How Muslim Women Dress: Elizabeth Bucar Cambridge, MA: Harvard University Press, 2017. 248 pages. American Journal of Islam and Society, 35(3), 87-90.

Banrey, (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Diindustri Kreatif ( Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan Di Kota Bandung) Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi vol. 4, no 1, April 2018 ISSN2460-8211

Baker dan Sinkula, (2009). The Influence Of Market Orientation and Product Innovation On The Competitive Advantage and Its Implication Toward Small and Medium Enterprises (UKM) Performace. Terbit di jurnal Internasional Journal Science And Engineering Invention volume 04, issue 08 agustus 2018 DOI:10.23958/ijsei/vol04-i08/0.

Idar et al, (2012) The Influence Of Market Orientation and Product Innovation On The Competitive Advantage and Its Implication Toward Small and Medium Enterprises (UKM) Performace. Terbit di jurnal Internasional Journal Science And Engineering Invention volume 04, issue 08 agustus 2018 DOI:10.23958/ijsei/vol04-i08/0.

Lumpkin dan Dess (1996). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha, Jurnal MBA, Vol.2 No.3

Lukas dan Ferrel (2000). The Effect of Market Orientation on product innovation, journal of academy of Marketing Science, 28 (2), 239-247.

McDaniel, (2002). Entrepreneurship and innovation: Economic Approach.M.E sharp,inc, New York

Never dan Satler, (1990).The Effect Of Maket Orientatoion On Competitive Advantages, Research Journal Of Business and Management, 2017, Vol:4 Issue 4

Porter, (1993). Anlisis faktor-faktor pengaruh inovasi produk yang berdampak pada keunggulan bersaing UMKM makanan dan minuman di wilayah harjamukti dikota Cirebon. Dalam jurnal logika, vol XVIII, NO, 3 DESEMBER 2016 p-ISSN: 1978-2560 e-ISSN : 2442-5176.

Wahyudin, (2015) The Influence Of Market Orientation and Product Innovation On The Competitive Advantage and Its Implication Toward Small and Medium Enterprises (UKM) Performace. Terbit di jurnal Internasional Journal Science And Engineering Invention volume 04, issue 08 agustus 2018 DOI:10.23958/ijsei/vol04-i08/0.

Hemsley-Brown, Jane & Melewar, T.C. & Nguyen, Bang & Wilson, Elizabeth. (2016). Exploring brand identity, meaning, image, and reputation (BIMIR) in higher education: A special section. Journal of Business Research. 69. 10.1016/j.jbusres.2016.01.016.

Hemsley-Brown, Jane & Melewar, T.C. & Nguyen, Bang & Wilson, Elizabeth. (2016). Exploring brand identity, meaning, image, and reputation (BIMIR) in higher education: A special section. Journal of Business Research. 69. 10.1016/j.jbusres.2016.01.016.

Centeno, Edgar & Hart, Susan & Dinnie, Keith. (2013). The five phases of SME brand-building. Journal of Brand Management. 20. 10.1057/bm.2012.49.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Published
2020-12-07
How to Cite
Junedi, J. (2020). Entrepreneurship Keunggulan Bersaing : Identitas Merek, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Study UMKM Hijab di Kabupaten Bekasi. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 191-196. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.30
Abstract viewed = 1079 times
PDF Indonesia (Bahasa Indonesia) downloaded = 874 times