Tingkat Inflasi Sebagai Pemoderasi Suku Bunga Kredit Konsumsi dan Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Properti Real Estat

Inflation Rate Moderates Consumer Credit Interest Rates and Marketing Costs on Real Estate Property Sales

  • Meitofano Meitofano Prodi MM Universitas Pelita Bangsa
  • Deni Gunawan Prodi MM Universitas Pelita Bangsa
  • Mursida Kusuma Wardani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: property, suku bunga dasar konsumsi, biaya pemasaran, inflasi, penjualan

Abstract

Properti dalam hal ini rumah tinggal dan apartemen yang adalah termasuk kebutuhan utama (primer) selain pakaian (sandang) dan makanan (pangan). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh suku bunga kredit konsumsi serta biaya pemasaran dengan inflasi sebagai pemoderasi terhadap penjualan properti pada PT. Lippo Cikarang Tbk dari tahun 2012 – 2021. Data yang digunakan adalah data sekunder triwulanan atas penjualan, suku bunga, inflasi dan biaya pemasaran dari tahun 2012 sampai dengan 2021. Metodologi deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif akan digunakan dalam penelitian ini dibantu dengan program WarpPLS6. Hasil penelitiannya menunjukan untuk suku bunga kredit konsumsi berkorelasi negatif kepada penjualan sedangkan biaya pemasaran tidak berpengaruh. Inflasi tidak berperan sebagai pemoderasi pengaruh suku bunga terhadap penjualan tetapi memoderasi yaitu memperkuat pengaruh biaya pemasaran terhadap nilai penjualan.

Property, in this case houses and apartments, is one of the primary needs besides clothing and food. This study objectives to see the effect of the consumer credit interest rate and marketing costs with inflation as moderating on property sales of PT. Lippo Cikarang Tbk from 2012 – 2021. The data used are quarterly secondary data on sales, interest rates, inflation and marketing costs from 2012 to 2021. A descriptive verification methodology with the quantitative approach is applied in this study assisted by the warpPLS6 program. The results showed that consumer credit interest rates had a negative effect on sales, while marketing costs had no significant effect on sales. In addition, inflation is not as a moderating factor in interest rates to sales revenue. Inflation is a moderating variabel for marketing costs in order to determine sales value.

References

Ahmad Baiza, A. I. (2021). Pengaruh Biaya Produksi, Pemasaran, dan Gaji Karyawan Terhadap Hasil Penjualan Ayam Broiler (Gallus Domesticus). Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1-6.

Aludin, M. A. (2020). Identifikasi Biaya Operasional dan Resiko Kredit Pada Penjualan. International Journal Administration, Business & Organization, 1(1), 18-24.

Anastasia, N., Herlimus, V., & Yuono, L. (2001). Pemilihan Strategi Penjualan Dengan Penambahan Fasilitas Umum di Perumahan "GCA"Berkaitan Dengan Keputusan Investasi. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan 3(2), 113-120.

Azka Rizkin, C. Z. (2017). Hubungan Kredit dan Suku Bunga Dengan Inflasi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia, 4(1), 63-72.

Budi Rahman, P. N. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Fuji Seat indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Publik dan Bisnis, 1(3), 129-137.

Dito Aditia Darma Nasution, E. I. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.

Khalishah, P. V. (2022). Analisis Hubungan Tingkat Suku Bunga dan Penjualan Properti Pada Sektor Residensial. Jurnal Manajemen Aset dan Penilaian, 2(1), 1-8.

Mariatun, I. L. (2017). Pengaruh Saluran Distribusi, Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Tempe Putra Kl Kecamatan Socah Tahun 2016. Exo-Socio: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi-Sosial, 1(1), 31-45.

Miguna, R. R. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Nilai Penjualan Pada PT. Namasindo Plas Medan. Jurnal Membangun (Manajemen dan Ekonomi Pembangunan), 1(1), 14-19.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.

Nindya Kartika Kusmayati, M. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Pada Penjual Martabak “Bintang” Sidoarjo). Accounting and Management Journal, 4(1), 35-42.

Poluakan, A. K., Runtuwene, R. F., & Sambul, S. A. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) UP3 Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(2), 1 - 8. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/download/12328/9617

Pratikto, V. F. (2019). Bubble Property di Indonesia: Analisis Empiris Survei Harga Properti Residensial. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(2), 169-180.

Ramadhani, R. A. (2015). Analisis Pengaruh DPK, SBDK dan Suku Bunga Kredit Terhadap Kredit Konsumtif di Indonesia (Studi Kasus Bank Umum di Indonesia Periode Oktober 2011 s/d Maret 2014). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB - Universitas Brawijaya, 3(1).

Ridzal, N. A. (2018). Analisis Biaya Pemasaran dan Profitabilitas Berdasarkan Jenis Produk Pada PT. Kendari Bintang Lestari Cabang Baubau. Jurnal Akuntansi Manajemen, 1(1), 73-87.

Setyaningsih, P. (2021, November 26). Pasar Properti Residensial Di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from djkn.kemenkeu.go.id: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tarakan/baca-artikel/14441/Pasar-Properti-Residensial-DiTengah-Pandemi-Covid-19.html

Syaleh, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting, 1(1), 68-82.

Wati Aris Astuti, N. N. (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga Kredit Pemilikan Rumah Terhadap Jumlah Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pamanukan. Majalah Ilmiah UNIKOM, 15(1), 25-38.

Wirren Siemin Ciamas, E. S. (2021). Harga sebagai Komponen Marketing Mix Terhadap Penjualan di PT Bale Dipa Aruna (Perumahan Medan Resort City), Medan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 496-500.

Published
2022-07-31
How to Cite
Meitofano, M., Gunawan, D., & Wardani, M. K. (2022). Tingkat Inflasi Sebagai Pemoderasi Suku Bunga Kredit Konsumsi dan Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Properti Real Estat: Inflation Rate Moderates Consumer Credit Interest Rates and Marketing Costs on Real Estate Property Sales. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 109 - 120. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.398
Abstract viewed = 286 times
PDF (Indonesia) downloaded = 302 times